Selasa, 04 November 2014

Manusia? Yah sudah pasti selalu merasa kurang dan selalu merasa tidak puas. Terutama dalam urusah harta. Yah, itu sebabnya berbagai cara dilakukan, diantaranya melalu sholat Dluha sebagai jalan menuju kekayaan. Namun apakah hal ini dibenarkan? Benarkah dengan sholat dluha seseorang bisa menjadi kaya? Apa sebenarnya sholat dluha dan manfaatnya? Kita akan coba bahas hal ini sama sama.

Pengertian Sholat dluha
Sholat dluha adalah sholat yang dilakukan pada waktu permulaan siang. Tepatnya saat matahari terbit hingga menjelang waktu dluhur. Ini sebagaimana hadits anjuran berikut:
“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).
Berdasarkan hadits itulah kemudian sholat dluha juga dikenal sebagai sholat untuk memohon sampainya rizqi dari Allah kepada manusia. Selain hadits diatas, banyak juga dalil dalil lain tentang pengertian sholat dluha. Namun pada intinya sama.

Tata Cara sholat dluha
Sholat dluha sedikitnya dapat dilakukan dengan dua rakaat dan sebanyaknya adalah berbeda beda ada yang mengatakan 8 ada yang mengatakan 12 rakaat. Namun yang terpenting bukan jumlah ini tapi bagaimana kita bisa melakukannya. Tata cara pelaksanaannya sama halnya dengan sholat lainnya hanya saja dibedakan dalam dua hal:
  1. Niat melakukan shalat dluha.
  2. Ayat yang dibaca pada rakaat pertama dianjurkan surah Asy-Syam dan rakaat kedua dianjurkan surah Al Lail (kalau tidak hafal bisa dengan surah lainnya).
Selain dua pembeda diatas, semua dilakukan sama halnya shalat sholat pada umunya. Mulai takbiratul Ihram sampai dengan Salam.

Do'a Sholat Dluha
Setelah melakukan shalat kemudia dilanjutkan dengan membaca do'a berikut dengan khusyu' seraya menghayati makna yang terkandung didalamnya:
اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rizqiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”. 

Manfaat Sholat Dluha
Setalah kita tahu pengertian dan tata cara serta doa diatas, sekarang kita coba bahas apakah benar diantara sekian banyak manfaat sholat dluha salah satunya adalah bisa memperkaya seseorang? Sebenarnya bukan. Kaya dan Miskin sudah menjadi keputusan dan ketentuan Allah (Lihat Posting Bahasan Sebelumnya). Tapi, dari sekian banyak dalil tentang manfaat sholat dluha, adalah menempatkan manfaat sholat dluha sebagai media menjemput rizqi. Bukan memperbanyak atau memperkaya.
.......KALAU SHOLAT DLUHA TIDAK BISA MEMPERKAYA. APA GUNANYA?....

Sengaja pertanyaan itu saya tulis besar, karena semua orang kebanyakan akan merasa sia sia melakukan sholat dluha jika pada kenyataannya tidak akan menambah atau memperkaya. Shobat sekalian, jawaban dari sholat dluha sudah ada dalam do'a yang diucapkannya. Allah sudah berjanji akan mencukupi kebutuhan hambanya dengan cara yang tidak disangka sangka. Cara yang tidak disangka inilah yang menimbulkan berbagai kemungkinan. Mungkin dengan kemudahan, mungkin dengan kesusahan, dan dengan mungkin mungkin yang lainnya. Untuk itulah dalam do'a tersbut diuraikan bagaimana supaya Allah mengalirkan rizqinya dengan cara yang baik dan mudah kepada kita semua. Berikut isi doanya:
Jika rizqi saya masih dilangit mohon turunkahlah.
Jika rizqi saya masih dalam bumi mohon keluarkanlah

Jika rizqi saya cukup sukar mohon mudahkanlah

Apabila rizqi saya dari cara yang haram mohon sucikanlah

Apabilah rizqi saya masih jauh mohon dekatkanlah


Intinya, rizqi itu sudah ada, tinggal bagaimana prosesnya sampai kepada kita. Jadi, shobat sekalian. Sholat dluha adalah sholat yang dilakukan karena Allah dengan harapan Allah mau memberikan kemudahan serta kelancaran dan kehalalan atas rizqi yang sudah digariskannya kepada kita semua. Bukan supaya allah dengan semena mena memberikan bertubi tubi harta kepada kita semua karena sholat dluha kita. Allah tahu mana yang terbaik untuk hambanya apabila hambanya mengehendaki dengan cara yang baik pula (salah satunya dengan shalat dluha).

0 komentar: