Jumat, 12 Oktober 2012

Pertanyaan:
"Saat ini, metode penelitian dan pengembangan (Research & Developtment) mulai marak digunakan dalam riset-riset pendidikan. Sebenarnya apa sih yang dimaksud pengembangan tersebut dan apa saja kawasannya?"

Jawaban:

Pengembangan sendiri didefinisikan dengan istilah; proses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik (Seels & Richey, 1994:38). Kegiatan pengembangan bertujuan untuk menciptakan produk tertentu, melalui penekanannya terhadap pemanfaatan, teori-teori, konsep-konsep, atau temuan masalah (Rusijono & Mustaji, 2008). Pernyataan tersebut searah dengan Seels & Richey (1994) bahwa, pengembangan tidak terlepas dari teori dan praktek yang secara langsung berhubungan dengan belajar dan desain.

Pengembangan memiliki kawasan yang cukup luas, diantaranya; Riset-teori; Disain; Produksi; Evaluasi-seleksi; Logistik; dan Pemanfaatan (AECT, 1977). Seiring dengan perjalanannya, pengembangan selanjutnya dispesifikasikan dalam sebuah manifestasi fisik dari teknologi, seperti; media cetak, audiovisual, komputer, dan terpadu. Meski demikian, Seels & Richey (AECT, 1994) menegaskan kembali bahwa, lingkungan pengembangan tetap memiliki keterkaitan dengan teori & praktek meliputi; desain, pemanfaatan, pengelolahan, dan penilaian. Itu artinya, hasil dari pengembangan dapat bervariatif seperti; produk, model, atau system pembelajaran (Miarso, 2011).

0 komentar: