Senin, 17 Desember 2012

Pertanyaan:
Berdasarkan daftar bacaan saya, ideologi dalam dunia pendidikan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Dapatkah disebutkan sperti apa pengelompokan dan tipe ideologi/landasannya?

Jawaban:
Ideologi-ideologi pendidikan dikelompokkan menjadi lima macam, diantaranya; kelompok negara persemakmuran, kelompok negara komunis, kelompok negara maju, kelompok negara islam, dan kelompok negara industri maju. Tiap-tiap negara dengan kelompoknya masing-masing mempunyai ciri yang berbeda dalam penerapan ideologinya, meskipun pada dasarnya rumpun ideologinya cenderung sama.

Di bawah ini adalah pengelompokan ideologi-ideologi pendidikan beserta karakteristik dan sistem kependidikan yang diimplementasikan oleh masing-masing negara tersebut. Diantaranya adalah:

Kelompok Persemakmuran
Dalam kelompok persemakmuran terdapat tiga negara, diantaranya termasuk Inggris. Canada, dan Australia. Adapun spesifikasinya sebagai berikut :
  1. Inggris menggunakan landasan pengembangan potensi individu ke arah tatanan sosial, agamis dan kultural dengan memuat kurikulum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan penanaman nilai yang dikelolah dengan manajemen desentralistik. Rumpun ideologi yang digunakan adalah liberal dengan model liberalisme dan bersifat non-direktif. 
  2. Kanada dan 3. Australia menggunakan landasan pengembangan potensi individu sesuai dengan nilai pragmatis. Kurikulum yang pengelolahan sistem yang diterapkan tidak berbeda dengan Inggris, yakni iptek dan nilai yang dikelolah dengan sistem desentralistik. Pada rumpun dan model ideologi yang digunakan juga sama dengan Inggris, hanya saja tipe ideologinya bersifat direktif.
    Kelompok Komunis
    Pada kelompok komunis diikuti oleh tiga negara, diantaranya termasuk Rusia, Cina dan Kuba. Spesifikasinya sebagai berikut :
    1. Rusia menggunakan landasan pengembangan nilai individu sesuai dengan nilai humanitas, dengan mengembangkan kurikulum nilai dan iptek yang dikelolah dalam sistem desentralistik. Rumpun ideologinya menganut libral dengan model libralisme dan bersifat direktif.
    2. Cina menggunakan landasan perbaikan tatanan sosial sesuai dengan pembangunan sosialis, dengan mangadopsi kurikulum penanaman nilai dan iptek yang dikelolah dalam sistem sentralistik. Rumpun ideologi yang digunakan adalah konservatif dengan model fundamentalisme dan bersifat sekuler.
    3. Kuba secara keseluruhan tidak berbeda dengan Cina, hanya saja landasan yang digunakan adalah perbaikan tatanan sosial sesuai dengan nilai dan budaya komunis.
    Kelompok Islam
    Disisi lain kelompok islam juga turut mewarnai ideologi pendidikan dunia, dengan tiga negara pengikut. Diantaranya, Mesir, Arab dan Iran, klasifikasinya seperti di bawah ini :
    1. Mesir menggunakan landasan penegakan demokrasi dan pembentukan individu demokratis, dengan kurikulum iptek dan nilai yang dikelolah dalam sistem sentralistik. Rumpun ideologi yang digunakan adalah liberal dengan model liberasionisme dan bersifat reformasi.
    2. Arab dan 3. Iran lebih tepat menggunakan landasan pengembangan potensi individu sesuai dengan nilai agama dan budaya Islam. Kurukulum yang dikembangkan oleh kedua negara tersebut adalah agama dan iptek yang dikelolah dengan sistem sentralistik. Rumpun ideologi yang digunakan adalah konservatif dengan model fundamentalisme yang bersifat religius.
    Kelompok Maju
    Kelompok maju, mempunyai personalitas negara paling populer dan mendominasi, termasuk diantaranya; Amerika Serikat, Perancis, Belanda dan Jerman. Spesifikasinya sebagai berikut :
    1. Amerika Serikat menggunakan landasan perubahan tatanan sosial dan pengembangan potensi individu, dengan mengadopsi kurikulum iptek dan nilai yang dikelolah dalam sistem desentralistik. Rumpun ideologi menganut liberal dengan model liberalisme dan bersifat non-direktif.
    2. Perancis menggunakan landasan pengembangan nasionalisme dengan hanya mengembangkan satu kurikulum, yakni nilai, yang dikelolah dalam sistem desntralistik. Rumpun ideologinya adalah konservatif dengan model fundamentalisme dan bersifat sekuler. 
    3. Belanda dan 4. Jerman menggunakan landasan pembaruan tatanan politik, dengan kurikulum iptek dan nilai yang dikelolah dengan sistem sentralistik. Kedua negara tersebut menggunakan rumpun ideologi liberal dengan model liberasionisme dan bersifat reformasi.
    Kelompok Industri Baru
    Jepang dan Korea Selatan (Korsel) merupakan kelompok dalam industri baru. Meskipun demikian, keduanya memiliki karakter yang cukup berbeda, lebih jelasnya sebagai berikut:
    1. Jepang menggunakan landasan pengembangan kemampuan dasar sesuai perkembangan iptek dan nilai humanitas, dengan mengembangkan kurikulum iptek dan nilai yang dikelolah dengan sistem sentralistik. Rumpun ideologinya adalah liberal dengan model liberalisme dan bersifat direktif.
    2. Korea Selatan menggunakan landasan penanaman nasionalisme, dengan kurikulum nilai dan iptek yang dikelolah dalam sistem sentralistik. Rumpun ideologi yang digunakan adalah konservatif dengan model fundamentalisme dan bersifat sekuler.
    Pengelompokan tersebut merupakan ciri dari berbagai negara dalam mengaplikasikan pengembangan pendidikannya, secara umum sistem dan gaya yang digunakan dari masing-masing negara menunjukkan sisi kultural dan karakteristik yang ingin dicapainya. Karti (2010:160), juga mengelompokan ideologi-ideologi pendidikan sebagai tabel perbandingan.

    0 komentar: