Jumat, 29 Agustus 2014

Pertanyaan:
"Akhir akhir ini Penelitian Tindakan Kelas atau PTK mulai gemar dijadikan sebagai topik bahasan dalam dunia penelitian dan pendidikan. Sebenarnya apa itu Penelitian Tindakan Kelas ?"

Jawaban:
Untuk memahami secara sederhana namun mengena, kita akan buat alur pemahaman dengan sub sub berikut:

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas PTK 
Penelitian Tindakan Kelas atau PTK atau Classroom Action Research secara bahasa dapat diartikan sebagai berikut;
Penelitian Tindakan didefinisikan sebagai studi sistematis dari upaya meningkatkan praktik pendidikan oleh kelompok partisipan dengan cara tindakan praktis mereka sendiri dan dengan cara refleksi mereka sendiri terhadap pengaruh tindakan tersebut (Hopkin dalam Emzir, 2008:234).
    Kelas Merupakan tata ruang yang secara fungsional digunakan dalam proses pembelajaran.
      Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa; Penelitian Tindakan Kelas adalah Upaya pencermatan yang secara sistematis ditujukan terhadap prilaku atau aksi yang muncul sebagai reaksi atas terjadinya proses pembelajaran (KBM) dan kemudian dilakukan tindakan baik pemecahan maupun pengembangan. Dengan kata lain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu jenis Penelitian Tindakan yang dilakukan oleh Guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelasnya (Jaedun, 2008).

      Tujuan Penelitian Tindakan Kelas PTK
      Ada beberapa tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas, beberapa diantaranya seperti dikemukakan oleh Sukanti (2008) dan Ani W (2008) Diantaranya: 
      1. Memperbaiki mutu pembelajaran serta meningkatkan kinerja para guru atau pengajar. Dengan cara; mengidentifikasi dan membuat solusi pemecahan masalah masalah dalam pembelajaran.
      2. Meningkatkan inovasi dalam pembelajaran yang berorientasi pada hasil. Dengan cara bereksplorasi terhadap berbagai metode, strategi, media, dan sebagainya dalam pembelajaran.
      Memang benar, karena dengan melakukan kegiatan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), seorang guru akan lebih memahami karakteristik para siswanya sehingga mampu menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar masing masing siswanya. Dengan demikian, pembelajaran akan lebih bermutu, terarah, dan inovatif.

      Sedikit bacaan diatas mungkin dapat memberikan pandangan kepada kita terkait pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada lain kesempatan kita akan bahas lagi mengenai Karakteristik dan Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas serta model-model yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaannya.

      0 komentar: